Tags

,

Hari-hari neraka sudah lewat TvT (ceritanya emot terharu), mari kita sambut hari baru ini dengan post yang mencerdaskan bangsa, yaitu rekomendasi komik #2 dari Bandar!

*bandar mode, switch on*

Baru aja namatin ni komik, judulnya Jormungand. Hohohohoh. Mung kin buat otaku udah pada tau atau sekedar tau bahwa komik ini mencatut Indonesia dan mendiskreditkannya memunculkannya dalam cerita sebagai basisnya Kasper dalam berdagang. Haha. Eeeniwei mari mulai post ini dengan benar… *jadi ini  belum mulai*

Jormungand menceritakan perjalanan seorang gadis bernama Koko Hekmatyar dan kru-krunya dalam mengarungi dunia untuk berdagang… pilih! a) ternak, b) budak, c) karpet, d) diri?

Yak, salah! Jawabannya adalah senjata 😛

Kru-krunya itu bertugas sebagai bodyguardnya dia, ada yang mantan CIA, mantan tentara, mantan mafia, dan yang spesial, tentara anak-anak yang bernama Jonah, favoritnya Koko.

Udah gitu doang kok inti ceritanya. The end. Hahaha. Yang asik adalah, meskipun ini komiknya ceritanya episodik banget, tapi entah kenapa menyenangkan. Funky dan seru, karena Koko sifatnya nggak ketebak. Dia bukan tipikal hero komik remaja yang selalu berpihak pada kebenaran dan rela berkorban blablabla, tapi dia juga bukan orang yang 100% jahatnya pingin menghancurkan dunia dan jadi orang paling kaya. Dia selalu bersembunyi di balik topeng senyumannya. Imagenya yang kuat dan kayak rubah itu yang paling terasa. Jonah, si tentara anak-anak yang polosnya luar binasa, innocent, tanpa ekspresi itu unyuuuuuuuu banget oh mai gawd. Dia nggak bermaksud unyu pun terlihat unyu. Aaah yang natural selalu lebih bagus. Hubungan antara dua orang ini dan kru-kru yang lain inilah yang bikin komik ini asyik.

Tamat dalam 11 volume, menurutku pas banget. Endingnya pas banget (meskipun aku merasa komik ini masih bisa banget dilanjutin dan ITU BIKIN PENASARAN karena pengarangnya namatinnya di bagian yang PALING penting). Pas banget, nggak kayak komik D**** N******** bukan death note, bukan. Tamatnya nyaman. Porsi cerita selesai sai sai.

Kalo ngomongin tentang gambar, jujur aja gambarnya jelek. Serius. 11-12 sama SnK, tapi lebih rapi sedikit. Walaupun gitu ekspresi muka Koko dan Jonah masih tergambar dengan baik kok. Oya, disini defisiensi orang ganteng, paling cuma Kasper yang layak disebut ganteng.

Oya buat yang suka filosofi, Jormungand itu nama makhluk mitologi, tapi lupa mitologi mana. Dia ular panjaaaaaaaaaang yang hidupnya di laut, saking panjangnya badannya bisa mengitari dunia dan di ujiungnya dia menggigit ekornya sendiri. Jadi ular yang menggigit ekor, kayak pernah denger? Haha iya di FMA ini disebut uroborous. Katanya, simbol ini tu menandakan sesuatu yang ga ada endingnya, alias abadi, alias Dewa.

Okeeh, jadi untuk komik ini, kurekomendasi buat yang suka komik Seinen. 3,75/5 deh 🙂

Advertisements